Temu Pendidik Nusantara 2017 2017-10-03T13:28:14+00:00

Tentang Temu Pendidik Nusantara

Konferensi Tahunan Komunitas Guru Belajar

Pertemuan tahunan yang mempertemukan pendidik dari berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan refleksi, saling berbagi praktik baik, mengembangkan kompetensi, membangun kolaborasi dan merintis karier.  Pertemuan ini sekaligus puncak dari Temu Pendidik yang telah diadakan Komunitas Guru Belajar di berbagai kanal dan berbagai daerah di Indonesia sepanjang tahun.

Tema Temu Pendidik Nusantara

Belajar dari Anak:

Menumbuhkan Kemerdekaan dalam Pendidikan

Sampai hari ini, kita masih banyak menemui anak-anak yang diperlakukan sebagai obyek di berbagai konteks pendidikan. Anak-anak dituntut duduk dan diam, mendengarkan, dan mengerjakan latihan, mematuhi aturan dan mengikuti ujian. Anak-anak tidak mendapat kesempatan untuk didengarkan dan dipahami. Pendidikan menjadi lamban, karena menganggap anak sebagai obyek yang membebani.

Pilihan Kelas Temu Pendidik Nusantara

Pembicara mempresentasikan konten (a) Praktik cerdas atau (b) Hasil riset dalam waktu 10 menit presentasi. Konten kelas ini akan dipublikasikan di prosiding TPN 2017.

Pembicara melatih peserta TPN 2017 menggunakan modul yang telah dikembangkan pada suatu topik dalam waktu 3 jam.

Pembicara mensosialiasikan program, proyek atau inisiatif pendidikan agar mendapat dukungan dari guru sebagai relawan dan dukungan lainnya dalam waktu 1,5 jam.

Pembicara mengenalkan karya yang bermanfaat buat publik dalam waktu 30 menit. Pengisi Kelas Karier mendapat kesempatan juga untuk menampilkan karyanya di Pameran Karier.

Tanggal Penting Temu Pendidik Nusantara

Agustus

Batas

Pendaftaran

Pembicara

Agustus

Pengumuman

Pembicara

yang Diterima

September

Pembukaan

Pendaftaran

Peserta

Oktober

Batas

Pembayaran

Peserta TPN

Testimoni Temu Pendidik Nusantara

“TPN 2016 membuat saya lebih berdaya menjadi Guru. Bertemu teman-teman dari berbagai daerah, mendapat suntikan semangat, ide baru dalam pembelajaran.”

Nunuk Riza Puji
Guru SMA 1 Petungkriyono, Pekalongan

“TPN adalah tempat dimana saya mendapat inspirasi yang luar biasa.”

Dian Misastra
SDN 1 Cisarua kec. Tegalwaru.
Kab. Purwakarta.

Daftar